Cara Main Harvest Moon BTN Di Komputer/ Laptop

Sabtu, Januari 21, 2012

http://photos-h.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/296451_204054712989009_172815589446255_553570_3072242_a.jpgNah, bagi kamu-kamu yang bingung sudah kesana-kemari tapi belum menemukan link download emulator ePSXe, disini saya tampilkan link download emulator ePSXe lengkap (+Plugins, +BIOS, +Memory Cards, dll). Semoga dapat kamu-kamu gunakan dengan sebaik-baiknya. Dan juga bagi kamu-kamu yg belum mengerti akan pengaturan dalam menjalankan emulator ePSXe, izinkanlah saya memberikan panduan yang sederhana ini, semoga dengan ini dapat membantu semua dalam memainkan game PS1 dengan menggunakan emulator ePSXe ini.


Download ePSXe 1.6.0 (include Plugins, BIOS, etc)
(http://www.mediafire.com/?dkqng6h3bia66fr)

PENGATURAN EPSXE >>> SANGAT PENTING!!!
  1. Buka 'ePSXe', yang pertama kali harus dilakukan (yang paling fatal dan sering dilupakan) adalah: Klik 'Run' > 'Enable Logs' (beri tanda centang). Jika tidak diberi tanda centang, apabila kita selesai bermain dan meng-close ePSXe, game masih akan terus berjalan yang mana akibatnya akan mempengaruhi kinerja CPU komputermu.
  2. Klik 'Config' > 'Wizard Guide', klik 'Config >>'.
  3. Pilih BIOS yang kamu inginkan (saya sarankan pakai yang 'SCPH1001 - USA'), klik 'Next >>'.
  4. Pilih GPU (Video Plugin) yang kamu inginkan (saya sarankan pakai yang 'P.E.Op.S. Soft Driver 1.17', pengaturan dan lain-lain akan dijelaskan pada bagian berikutnya), klik 'Next >>'.
  5. Pilih SPU (Sound Plugin) yang kamu inginkan (saya sarankan pakai yang 'Eternal SPU Plugin 1.50', klik 'Next >>'.
  6. Pilih CD-Rom Plugin yang kamu inginkan (pilih yang mana saja, semuanya bagus), klik 'Next' >>'.
  7. klik 'Controller 1'. Bila kamu sudah memiliki USB Controller, atur saja sesuai dengan tombol yang tersedia dengan cara klik NAMA tombolnya, lalu tekan tombol pada USB Controller sesuai dengan yang disediakan (bila USB Controller yang dipakai memiliki Dual Shock/analog, klik Panel yang terdapat di sebelah kanan atas jendela, lalu pilih 'Digital/Analog (F5)' yang mana ePSXe memperbolehkan dalam penggunaan analog getar), klik OK. Bila ingin mengatur stick untuk Player 2, klik 'Controller 2' dan lakukan langkah-langkah seperti tersebut diatas, klik 'Next >>'.
  8. Selamat! Kamu telah mengatur konten-konten ePSXe dengan benar. Untuk penggunaan dan performa yang lebih efisien, sangat disarankan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

PENTING!!!
  1. UNTUK PENGATURAN GPU: 'Config' > 'Video' (saya sarankan untuk memakai 'P.E.Op.S. Soft Driver 1.17' karena mudah dalam pengaturannya) > 'Configure'.
  2. Beri tanda pada 'Fullscreen mode' bila ingin tampilan layar penuh; atau beri tanda pada 'Window mode' bila ingin tampilan layar berupa windows (untuk ukuran ideal 'Window mode', saya sarankan atur size-nya menjadi 720x576).
  3. Untuk 'Framerate', beri tanda centang pada 'Use FPS limit' dan beri tanda pada 'FPS limit (10-200) FPS' (angka default-nya adalah 60-70 FPS, kalau lebih dari itu maka kecepatan/laju game akan menjadi lebih cepat; begitu pula sebaliknya), klik OK, klik OK lagi.
  4. ePSXe memperbolehkan kamu mengatur penggunaan 'Memory Card' sesuka kamu. Caranya: 'Config' > 'Memory Card'. Untuk mengatur 'Memory Card 1'/'Memory Card 2', klik 'Select' lalu cari dan pilih 'Memory Card' mana yang ingin kamu gunakan, klik OK.
  5. Kamu juga bisa menghapus/mengkopi isi 'Memory Card' (bahkan juga bisa menggandakan 'Memory Card' itu sendiri). Caranya: Pergilah ke folder tempat ikon ePSXe berada, cari folder 'memcards'. Disana kamu akan menemukan banyak file 'Memory Card' (kamu bisa menggandakannya sebanyak yang kamu mau). Untuk menghapus/mengkopi isi 'Memory Card', jalankan program 'MemManager' (saya rasa tidak perlu menjelaskannya karena untuk mengaturnya sangat simpel dan mudah dimengerti).

(*) LANGKAH-LANGKAH UNTUK MEMAINKAN GAME PS1 VIA EPSXE (*)
Sepanjang pengetahuan saya, untuk dapat memainkan game PS1 menggunakan ePSXe, terdapat 2 cara, yaitu:
  1. Siapkan CD game PS1 yang ingin kamu mainkan (usahakan kondisinya masih bagus dan tidak lecet-lecet). Pasang CD game tersebut ke dalam CD/DVD Drive, masukkan, lalu buka 'ePSXe' > 'File' > 'RUNCDROM'. Tunggu beberapa saat maka tampilan game akan muncul (apabila sudah ditunggu beberapa lama tapi layar masih hitam tidak menampilkan apa-apa, mungkin ada yang tidak beres dengan pengaturan emulator kamu. Coba periksa lagi pengaturan ePSXe; ikuti kembali langkah-langkah yang ada diatas dengan teliti. Atau mungkin saja CD game PS1 yang kamu masukkan dalam keadaan tidak bagus, usahakan menggunakan CD game yang lensanya masih mulus).
  2. Cara lain untuk bisa memainkan game PS1 menggunakan ePSXe, yaitu dengan menjalankan file 'ISO' dari game tertentu. Untuk bisa mendapatkan file 'ISO' ini, kamu dapat mendownload-nya di website-website tertentu (lokasi-lokasinya akan saya tampilkan pada bagian berikutnya). Kita juga bisa membuat sendiri file 'ISO' ini, syaratnya kamu punya CD game yang kondisinya masih bagus (tidak lecet-lecet) dan sebuah software yang bernama 'Alcohol 120%' (saya sarankan pakai versi yang diatas 1.9.6, akan saya tampilkan link download-nya dan tentang cara penggunaannya akan saya paparkan pada bagian berikutnya). Jika kamu sudah mendapatkan file 'ISO'-nya, buka'ePSXe' > 'File' > 'RUN ISO'. Tunggu beberapa saat maka tampilan game akan muncul (apabila sudah ditunggu beberapa lama tapi layar masih hitam tidak menampilkan apa-apa, mungkin ada yang tidak beres dengan pengaturan emulator kamu. Coba periksa lagi pengaturan ePSXe; ikuti kembali langkah-langkah yang ada diatas dengan teliti. Atau mungkin saja file 'ISO' yang kamu gunakan sudah corrupt atau dalam proses pembuatan image-nya masih belum sempurna).

Kamu bisa mendownload file 'ISO' game PS1 kesukaan kamu dari website-website berikut ini: (saya TIDAK bisa menjamin 100% kalau game yang kamu cari pasti ada disini, tapi siapa tahu... Selamat mendownload!)
(http://www.mediafire.com/?vg4dv8tiey238)
(http://romhustler.net/roms/psx)
(http://www.coolrom.com/forums/forumdisplay.php?f=31)
(http://www.emuparadise.org/roms/psx/)
(http://www.romulation.net/PSX/)
(http://www.rom-freaks.net/psx-isos-0-asc-name-.html)
(http://rom-gods.net/roms/Playstation/A/)
(http://www.doperoms.com/roms/Sony_Playstation_Psx.html)
(http://www.get-your-rom.com/roms/PLAYSTATION-ROMS/)

'ISO' HARVEST MOON: BACK TO NATURE:
B. Inggris (http://www.5shared.com/file/9dIVgTkh/Harvest_Moon_-_Back_to_Nature_.html) {5shared diganti menjadi 4shared}
B. Indonesia (http://www.mediafire.com/?la0xvciuw1ojj5l)

(*) LANGKAH-LANGKAH PENGINSTALLAN & PENGGUNAAN SOFTWARE ALCOHOL 120% (*)

Download ALCOHOL 120% Final Retail v1.9.8.7612:

(http://www.mediafire.com/?8pyxybpqygwkyy5)


[*] LANGKAH-LANGKAH PENGINSTALLAN SOFTWARE ALCOHOL 120% [*]
Disini Alcohol 120% digunakan untuk membuat file dari CD game PS1 menjadi berupa image yang biasa disebut 'ISO'. Pertama-tama, download dulu software-nya, setelah itu saya akan menjelaskan tentang petunjuk installasinya: (ada kalanya program installasi menyuruh kamu untuk restart/reboot komputer kamu, ikuti saja prosedurnya!)
  1. Buka 'Alcohol 120% Final Retail v1.9.8.7612', lalu panel pemilihan bahasa akan muncul; Pilih English (penjelasan installasi akan menggunakan Bahasa Inggris), klik OK.
  2. Setelah itu 'Installation Wizard' akan muncul (saya sarankan tutup semua aplikasi selama menjalankan installasi ini), klik 'Next >'.
  3. Disini akan muncul dialog 'License Agreement', langsung saja klik 'I Agree'
  4. Setelah itu akan muncul dialog 'Choose Components', kamu bisa memberikan tanda centang atau mengosongkannya itu terserah kamu. Klik 'Next >'.
  5. Sekarang proses installasi akan dijalankan, klik 'Browse' kalau kamu ingin menaruh/menyimpan program Alcohol 120% di folder buatan kamu sendiri (untuk default-nya di C:\Program Files\Alcohol Soft\Alcohol 120). Kalau sudah, langsung klik 'Install'.
  6. Proses installasi membutuhkan waktu kurang lebih 2 menit, jadi sabarlah!.
  7. Jika proses installasi selesai, jendela dialog akan muncul. Kamu bisa hilangkan tanda centang pada 'Add Alcohol Virtual Drive at First Run', itu terserah kamu. Setelah selesai, klik 'Finish'.
  8. Sayangnya, Alcohol 120% membutuhkan 'register' agar bisa digunakan. Nah, untuk mengantisipasinya, sekarang buka folder tempat file eksekusi installasi 'Alcohol 120% Final Retail v1.9.8.7612' berada. Disana terdapat file 'RmK-FreE Loader', jalankan file tersebut.
  9. Setelah itu jendela dialog akan muncul (ingat! kamu sudah harus menginstall 'Alcohol 120% Final Retail v1.9.8.7612' sebelum menjalankan software ini). Langsung saja klik 'Crack!', maka secara otomatis Alcohol 120% akan ter'register' dan sekarang kamu dapat menggunakannya sesukamu.

[*] LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN SOFTWARE ALCOHOL 120% [*]
Setelah kamu sukses menginstall software Alcohol 120%, berarti sekarang kamu bisa membuat file 'ISO' sendiri dari CD game PS1 kepunyaan kamu, berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembuatan file 'ISO' dengan menggunakan software Alcohol 120%:
  1. Yang harus kamu siapkan adalah CD game PS1 yang ingin kamu buat file 'ISO'-nya (Ingat! kondisi CD game-nya harus masih bagus, yang penting lensanya tidak terlalu lecet).
  2. Pasang dan masukkan CD game Ps1 ke dalam CD/DVD-Drive, lalu jalankan Alcohol 120%. Setelah tampilan program muncul, perhatikan di sebelah kiri terdapat panel-panel yang berupa 'Main Panel', 'Options Panel', dan 'Help Panel'.
  3. Fokus pada 'Main Panel', kamu klik 'Image Making Wizard' maka akan muncul sebuah jendela dialog.
  4. Kamu bisa menentukan CD/DVD-Drive mana yang ingin kamu pakai ('DVD/CD Device:') tentu saja CD/DVD-Drive yang berisi CD game PS1 kamu dan juga kamu bisa menentukan kecepatan baca CD game PS1 pada CD/DVD-Drive kamu ('Read Speed:', paling cepat pada kecepatan 'Maximum' tapi saya sarankan jangan menggunakan 'Maximum', gunakan saja kecepatan 24X sampai 32X supaya tidak membebani CD/DVD-Drive kamu). Selanjutnya pada pengaturan yang lain tidak perlu ada perubahan, langsung klik 'Next >'.
  5. Pada 'Image location:' tentukan dimana file 'ISO' ingin kamu simpan (default-nya di My Documents\Alcohol 120%). Pada 'Image name:' kamu bisa berikan nama game PS1 yang akan kamu buat file 'ISO'-nya. Lalu pada panel 'Image format:' tentu saja pilih 'Standard ISO Image file (*.iso)'. Setelah semuanya rampung, klik 'Start'.
  6. Proses pembuatan file 'ISO' dimulai, karena dalam prosesnya lumayan memakan waktu, untuk membunuh waktu kamu bisa melakukan kesibukan lain (misalnya nonton bola, bersih-bersih kamar, nguber ayam tetangga, apapun yang penting bisa menghabiskan waktu). ^_^
  7. Jika proses pembuatan file 'ISO' telah selesai/100%, secara otomatis CD/DVD-Drive akan terbuka dan pada menu utama Alcohol 120% akan muncul hasil file 'ISO' yang telah kamu buat serta bisa langsung kamu mainkan di ePSXe.

(*) TIPS DALAM BERMAIN (*)
  1. Kamu bisa 'save/load' game kamu tanpa harus menggunakan fasilitas 'Memory Card' yang mana disini disebut 'Save State/Load State'. Jika kamu ingin meng-'save' ditengah game, cukup tekan tombol 'F1' maka secara otomatis game akan menyimpan data. Untuk meng-'load' cukup tekan tombol 'F3' maka game akan kembali pada saat kamu terakhir kali meng-'save'. Terdapat 5 buah 'Save State/Load State' untuk setiap judul game, untuk mengganti 'Save State/Load State' satu dengan yang lainnya, tekan tombol 'F2'.
  2. Jika kamu ingin membuat 'screenshot' atau gambar dari event/suatu hal yang terdapat pada game yang sedang kamu mainkan, cukup tekan tombol 'Print Screen Sys Rq' (terdapat di sebelah kiri tombol 'Scroll Lock' atau di sebelah atas tombol 'Insert' pada keyboard komputer kamu). Setelah itu, keluar dari ePSXe (tidak perlu di 'close'), buka software ' Microsoft Paint' (saya tidak perlu memberitahu letaknya dimana), di dalam 'Paint' lalu kamu klik 'Edit' > 'Paste (atau bisa juga di dalam 'Paint' tekan tombol 'Ctrl+V') maka gambar dari game yang kamu mainkan tadi akan muncul (sekarang kamu tinggal mengeditnya, menghilangkan gambar-gambar yang tidak perlu, lalu 'save' gambar yang sudah kamu edit).

(*) PENUTUP (*)
Demikian panduan ini saya buat. Saya sadar panduan ini masih jauh dari sempurna, saya harap semoga panduan ini dapat membantu kamu-kamu yang ingin/sedang memainkan game PS1 menggunakan emulator ePSXe dengan lebih sempurna. Bila ada kritik, saran, kesan, & pertanyaan seputar panduan ini silahkan bertanya. Akhir kata, terima kasih atas perhatiannya dan selamat bermain! ^_^

0 komentar:

Poskan Komentar

Alasan utama yang menjadikan orang tidak berhasil, adalah tidak adanya hubungan antara apa yang dikerjakannya, dengan apa yang akan membuatnya berhasil. Maka, janganlah hanya mengerjakan yang Anda senangi, tetapi yang jauh dari menyenangkan orang lain. Ingatlah, kegembiraan sesama adalah tanda kegembiraan Tuhan. Mario Teguh